Minggu, 09 September 2012

Cara Menginstall Modem

Seperti halnya perangkat komputer yang lain, printer, scanner, LAN Card, dan sebagainya, modem dapat bekerja baik apabila komputer sudah dapat mengenali perangkat tersebut. Agar dapat dikenali, sebuah modem harus diinstall terlebih dahulu.

Proses penginstallan modem dilakukan dengan menggunakan driver. Driver tersebut berupa file-file yang akan membuat sistem operasi di komputer kita dapat mengenali modem yang dipasang. Biasanya, driver tersebut disertakan dalam sebuah disket atau CD yang akan diberikan dalam satu paket bersama-sama dengan modemnya.
Menginstall sebuah modem dapat dilakukan dengan langkah-langkat sebagai berikut :
  1. Pasanglah modem di komputer.
  2. Hidupkan komputer. Pada saat dekstop ditampilkan, komputer akan menampilkan pesan telah menemukan hardware baru yang belum diinstall.
  3. Klik ikon tersebut. Kotak dialog Found New Hardware Wizard akan ditampilkan.
  4. Pilihlah "Install the software automatically (Recomended)". Kemudian klik tombol Next. Wizard langkah selanjutnya akan ditampilkan.
  5. Wizard akan meminta di mana harus mengambil file driver dari modem yang sedang diinstall. Klik tombol "Browse" untuk memilih folder tersebut.
  6. Klik tombol OK. Proses penginstallan akan dilanjutkan.
  7. Bila proses penginstallan telah selesai, wizard langkah selanjutnya akan ditampilkan.
  8. Klik tombol Finish. Modem kita siap digunakan.
Bila ikon Found New Hardare tidak ditampilkan di taksbar dekstop, atau proses penginstallan yang dilakukan gagal, kita masih dapat menginstall modem dengan cara mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Dari menu Start, klik Setting, lalu klik Control Panel. Jendela Control Panel akan ditampilkan.
  2. Bila tampilan jendela Control Panel yang ditemui tidak seperti gambar di atas, klik teks "Switch to Classic View" (untuk komputer dengan sistem operasi Windows XP).

  3. Klik ikon Add Hardware. Kotak dialog Add Hardware Wizard akan ditampilkan. Wizard langkah selanjutnya juga akan ditampilkan.
  4. Klik tombol Next. Semua hardware yang terhubung ke komputer akan dideteksi.

  5. Tunggulah sampai proses pendeteksian hardware selesai dan wizard langkah selanjutnya ditampilkan.

  6. Pilihlah "Yes, I have already connected the hardware". Klik tombol Next. Wizard langkah selanjutnya akan ditampilkan.

  7. Pilihlah modem yang akan diinstall. Kemudian klik tombol Next. Wizard langkah selanjutnya akan ditampilkan.

  8. Klik tombok Finish. Wizard untuk meng-update driver modem akan ditampilkan.

  9. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah penginstallan seperti diatas ( mulai dari langkah 4 pada langkah-langkah menginstall modem diatas).

0 komentar:

Posting Komentar

 
---Girl's Life- Blogger Template by Ipietoon Blogger Template