Sabtu, 10 November 2012

Ketergantungan Nikotin

Deskripsi

Ketergantungan nikotin atau ketergantungan tembakau adalah kondisi kecanduan terhadap produk-produk yang terbuat dari tembakau akibat pengaruh kandungan nikotinnya. Dengan kata lain, penderita ketergantungan nikotin tak bisa berhenti menggunakan produk berbahan nikotin meski hal itu membahayakan. Pasalnya nikotin menghasilkan efek yang membuat penderitanya merasakan memiliki mood yang menyenangkan di dalam otaknya, meski hanya sementara. Masalahnya efek ini mendorong seseorang untuk terus mengonsumsi tembakau dan mengakibatkan ketergantungan pada dirinya. Pada waktu yang bersamaan, berhenti mengonsumsi tembakau justru menyebabkan gejala penarikan seperti mudah marah dan cemas.




Penyebab


Ketergantungan nikotin tentu saja disebabkan oleh senyawa kimia bernama nikotin yang mendorong penggunanya untuk terus merokok karena sifatnya yang adiktif. Selain itu, nikotin dapat meningkatkan pelepasan senyawa kimiawi otak yang disebut neurotransmiter dan berfungsi mengatur mood serta perilaku seseorang. Salah satunya adalah dopamine yang membuat seseorang merasakan kenyamanan atau kesenangan yang juga menjadi bagian dari proses kecanduan. Ketergantungan ini juga diakibatkan oleh perilaku merokok yang telah menjadi kebiasaan seseorang.


Biasanya merokok paling sering dilakukan pada saat:

  • Waktu-waktu tertentu seperti saat minum kopi di pagi hari atau istirahat kerja 
  • Setelah makan 
  • Di tempat tertentu atau dengan sekelompok teman tertentu 
  • Berbicara di telepon 
  • Merasa tertekan atau sedih 
  • Mencium bau rokok terbakar 
  • Mengendarai mobil
Gejala

- Tak bisa berhenti merokok - Mengalami gejala penarikan ketika mencoba berhenti merokok seperti ngidam yang kuat, cemas, mudah marah, gelisah, susah konsentrasi, depresi, frustasi, sering merasa lapar, insomnia dan sembelit atau diare - Tetap merokok meski muncul gangguan jantung atau paru-paru - Enggan melakukan aktivitas sosial hanya demi merokok

Pengobatan


- Berhenti merokok - Obat-obatan anti-nikotin seperti Bupropion (Zyban, Wellbutrin), Varenicline (Chantix), Nortriptyline (Pamelor) atau Clonidine (Catapres) - Terapi pengganti nikotin seperti koyo nikotin (NicoDerm CQ, Habitrol), permen nikotin (Nicorette), nicotine lozenge (Commit, Nicorette mini lozenge), semprotan hidung nikotin (Nicotrol NS), nicotine inhaler (Nicotrol) - Konseling dan program untuk berhenti dari kecanduan merokok.


0 komentar:

Posting Komentar

 
---Girl's Life- Blogger Template by Ipietoon Blogger Template