Kamis, 01 November 2012

Penduduk, Masyarakat dan Kebudayaan

PENDUDUK
Penduduk menurut pendapat saya adalah suatu kaum yang menempati wilayah tertentu. Ilmu yang mempelajari masalah kependudukan adalah ilmu demografi.
membicarakan tentang penduduk, pasti akan mengalami masalah penduduk seperti kepadatan penduduk, penurunan jumlah penduduk, ledakan penduduk, transfer penduduk dll. Di blog inilah kita akan membahasnya.
  • Kepadatan penduduk
    Kepadatan Penduduk ialah situasi dimana sebuah wilayah ditempati oleh banyak orang sehingga mengalami kepadatan. kepadatan penduduk dihitung dengan membagi luas penduduk dengan luas area dimana  masyarakat itu tinggal.
  • Penurunan Jumlah Penduduk
    Penurunan Jumlah Penduduk menyebabkan turunnya populasi pada sebuah daerah. Penurunan jumlah penduduk disebabkan oleh beberapa faktor yaitu emigrasi, penyakit, perang dan kelaparan. Salah satu contohnya yaitu apabila dalam suatu negara banyak mengalami penyakit, maka secara otomatis penduduk di wilayah tersebut akan berkurang.
  • Ledakan Penduduk
    Ledakan Penduduk ialah dimana suatu tempat mengalami perubahan drastis akibat bertambahnya jumlah penduduk. Ledakan penduduk terjadi karena banyak faktor-faktor yang menguntungkan pada suatu tempat tertentu sehingga banyak suatu kaum akan pindah ke tempat yang lebih baik.
  • Transfer penduduk
    Transfer penduduk ialah suatu kebijakan negara yang mewajibkan perpindahan oleh sekelompok kaum tertentu yang biasanya disebabkan oleh faktor agama atau etnisitas.

MASYARAKAT 
Masyarakat merupakan sekelompok orang yang saling berinteraksi satu sama lain. Menurut wikipedia, pakar ilmu sosial mengidentifikasikan masyarakat dalam mata pencahariannya contohnya seperti masyarakat bercocok tanam, masyarakat pemburu, masyarakat pastoral nomadis, masyarakat agrikultural intensif, yang disebut masyarakat peradaban.

KEBUDAYAAN
Kebudayaan adalah kehidupan adalah suatu cara kehidupan masyarakat yang berkembang di kehidupan masyarakat itu sendiri. banyak orang yang menyebutkan bahwa kebudayaan itu adalah warisan secara genetis. Menurut para ahli, kebudayaan memiliki 4 unsur pokok, yaitu : 
  • Sistem Ekonomi
  • Keluarga
  • Alat-alat Teknologi
  • Kekuasaan Politik

0 komentar:

Posting Komentar

 
---Girl's Life- Blogger Template by Ipietoon Blogger Template